Ricuh! Peserta Lomba Gerak Jalan di Tanjungpinang, Riau Terlibat Bentrok

Tanjungpinang, Riau, mediaantartika.id – Lomba gerak jalan yang diadakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Tanjungpinang, Riau, berubah menjadi adegan bentrok dan kekacauan. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Efendi, menyatakan bahwa konflik yang terjadi antara beberapa peserta lomba sebenarnya hanya disebabkan oleh kesalahpahaman.

Kejadian tersebut terjadi pada hari Minggu pagi, ketika ratusan peserta dari berbagai kelompok usia berkumpul untuk mengambil bagian dalam lomba gerak jalan yang telah lama dinantikan. Acara tersebut diadakan di jalan utama kota, yang telah diubah menjadi lintasan lomba.

Namun, suasana meriah dan semangat perayaan berubah menjadi kerusuhan ketika sekelompok peserta terlibat dalam bentrok fisik. Video yang beredar di media sosial menunjukkan peserta lomba saling dorong dan bahkan ada yang terlibat dalam perkelahian. Beberapa peserta juga terlihat berusaha meredakan situasi, sementara petugas keamanan berupaya keras untuk mengendalikan kerumunan.

Efendi, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, mengklarifikasi bahwa kejadian tersebut sebenarnya disebabkan oleh kesalahpahaman antara beberapa peserta. Menurutnya, ada ketegangan yang tumbuh akibat salah satu peserta merasa dirugikan dalam perlombaan, yang pada akhirnya eskalasi terjadi.

“Pihak kami sedang menyelidiki insiden ini dengan serius. Kami telah berbicara dengan beberapa peserta yang terlibat dan mencoba untuk memahami sisi mereka. Apabila ditemukan pelanggaran terhadap peraturan, tindakan tegas akan diambil,” ujar Efendi dalam pernyataannya kepada media.

Sementara situasi masih dalam pengawasan ketat, pihak keamanan telah diperbanyak di sekitar area lomba dan kawasan sekitarnya untuk mencegah terulangnya kejadian serupa. Masyarakat diharapkan tetap tenang dan tidak terprovokasi oleh insiden ini, serta membiarkan pihak berwenang menangani situasi dengan baik.

Peristiwa ini mencuat sebagai peringatan akan pentingnya pengaturan yang ketat dalam acara publik demi menjaga keamanan dan kenyamanan semua peserta dan masyarakat yang hadir.

(Jay/*Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *