Presiden Jokowi Lantik Jenderal Agus Subiyanto Sebagai Panglima TNI

Jakarta, mediaantartika.id – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, secara resmi melantik Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) pada Rabu, 22 November 2023. Pelantikan ini menandai pergantian kepemimpinan di jajaran tertinggi militer, menggantikan Laksamana Yudo Margono.

Dalam acara pelantikan yang berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Jenderal Agus Subiyanto menyampaikan rasa terima kasihnya atas kepercayaan yang diberikan kepadanya. “Tentunya saya mohon doa restu, mudah-mudahan saya bisa melaksanakan tugas dan jabatan ini dengan amanah,” ujar Jenderal Agus.

Panglima TNI yang baru ini juga tidak lupa menyentuh isu penting terkait netralitas TNI menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. “Kami berkomitmen untuk menjaga netralitas TNI dalam pelaksanaan Pemilu 2024 demi terwujudnya proses demokrasi yang bersih dan adil,” tambahnya.

Jenderal Agus Subiyanto menegaskan bahwa TNI akan tetap fokus pada tugas pokoknya dalam menjaga kedaulatan negara dan keamanan masyarakat. Pernyataan ini sekaligus menunjukkan komitmen penuhnya terhadap prinsip-prinsip demokrasi dan konstitusi.

Presiden Joko Widodo, dalam sambutannya, memberikan apresiasi kepada Jenderal Agus Subiyanto sebagai pemimpin militer yang memiliki pengalaman dan dedikasi tinggi. “Saya yakin, dengan kepemimpinan Jenderal Agus, TNI akan semakin kuat dan mampu menghadapi berbagai tantangan di masa depan,” ucap Presiden Jokowi.

Pelantikan Panglima TNI ini menjadi sorotan penting dalam dinamika kehidupan politik dan militer Indonesia, dengan harapan bahwa kepemimpinan baru ini akan membawa perubahan positif dan mengukuhkan peran TNI sebagai pilar keamanan dan pertahanan negara.

(Jay/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *