Pemanfaatan Energi Alternatif Bertenaga Surya untuk Penerangan Jalan Umum Desa Penjaraten

Kab. Sidikalang, mediaantartika.id – Proyek pembangunan dan pemanfaatan energi alternatif berupa lampu jalan tenaga surya (PJUTS) di Desa Penjaraten telah berhasil diselesaikan. Pelaksanaan proyek ini melibatkan para pengurus kegiatan yang dipimpin oleh Ketua Pelaksana, Fakhruddin Rizal Batubara ST., M.TI, beserta anggota tim, yaitu Ir. Ferry Rahmat Astianta Bukit ST., MT., IPM, Syiska Yana, ST., MT., Suherman ST., M.Comp., Ph.D, dan Ir. Sihar H. Panjaitan, MT.

Proyek ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan efisiensi energi di sektor penerangan jalan umum. Desa Penjaraten, yang terletak di Kelurahan Panji Dabutar, Kabupaten Sidikalang, memiliki peran strategis dalam distribusi barang dan jasa serta mendukung pertumbuhan ekonomi, sosial budaya, pertahanan, dan keamanan.

Lampu penerangan jalan memiliki peran krusial dalam meminimalkan kecelakaan malam hari, terutama di jalan yang dilalui oleh kendaraan roda dua dan yang bersinggungan dengan lingkungan penduduk. Sebagai mitra pengabdian, Panji Dabutar mengalami kekurangan penerangan jalan umum, dan proyek ini diinisiasi untuk mengatasi masalah tersebut.

Pemanfaatan tenaga surya sebagai sumber energi alternatif dipilih sebagai solusi, sejalan dengan tren peningkatan penggunaan energi terbarukan di Indonesia. Melalui pengabdian masyarakat sebagai bagian dari tri dharma perguruan tinggi, teknologi panel surya diaplikasikan untuk menyediakan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU TS).

Pemasangan PJUTS telah berhasil diimplementasikan di halaman kantor lurah dan sekitar kantor lurah Panji Dabutar. Hal ini diharapkan dapat memudahkan akses warga pada malam hari, meningkatkan keamanan, serta memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan dan kemajuan Desa Penjaraten.

Diharapkan, proyek ini dapat menjadi contoh inspiratif bagi desa-desa lain di Indonesia untuk memanfaatkan energi alternatif, khususnya tenaga surya, guna menciptakan lingkungan yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan.

(Andy Sihombing)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *