Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dan Menhan Malaysia Mohamad Hasan Berkomitmen Selesaikan Sengketa Wilayah Blok Ambalat dengan Pendekatan Kekeluargaan

Jakarta, mediaantartika.id – Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto, dalam sebuah pertemuan dengan Menhan Malaysia, Dato’ Seri Utama Haji Mohamad Bin Haji Hasan, menyatakan tekad untuk menyelesaikan sengketa wilayah blok Ambalat dengan kekeluargaan.

Pada Sidang ke-43 General Border Committee (GBC) Malaysia-Indonesia (Malindo) di Jakarta hari Kamis (12/10/2023), Prabowo Subianto mengungkapkan bahwa Indonesia dan Malaysia memiliki komitmen yang sama untuk mengakhiri sengketa wilayah yang telah berlangsung selama beberapa tahun.

“Intinya bahwa dengan komitmen dari kedua kepala pemerintah kita bahwa ingin diselesaikan masalah-masalah dengan pendekatan kekeluargaan,” kata Prabowo Subianto, menekankan pentingnya pendekatan kekeluargaan dalam menyelesaikan perbedaan.

Menhan Malaysia, Mohamad Hasan, juga menyatakan niatnya untuk mengakhiri sengketa wilayah yang masih berlanjut antara kedua negara.

“Dalam semangat kerjasama dan persaudaraan, kami berharap dapat menyelesaikan masalah-masalah yang belum terselesaikan,” ujar Menhan Malaysia, Mohamad Hasan, menyatakan harapannya untuk mengakhiri sengketa tersebut.

Kedua menteri pertahanan ini menegaskan bahwa kesepakatan untuk menyelesaikan sengketa wilayah blok Ambalat merupakan langkah positif dalam hubungan bilateral Indonesia-Malaysia, yang akan mempromosikan perdamaian dan stabilitas di kawasan tersebut. Dengan pendekatan kekeluargaan, mereka berharap untuk mencapai solusi yang adil dan berkelanjutan yang akan menguntungkan kedua negara.

Pemerintah Indonesia dan Malaysia terus berupaya menjalin dialog dan kerja sama yang erat untuk menyelesaikan perbedaan mereka, memastikan perdamaian, serta memperkuat hubungan bilateral yang harmonis.

(Jay/Red)

Visits: 49

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *