Laksamana Budayawan Gelar Wayang Semar Boyong di Kodam V Brawijaya

Surabaya, mediaantartika.id – “Wayang adalah budaya asli Indonesia yang selalu saya sampaikan, harus kita jaga bersama. Siapa lagi kalau bukan kita yang melestarikan, siapa lagi kalau bukan kita yang memajukan budaya ini,” hal tersebut disampaikan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. saat menggelar acara nonton bersama Wayang Kulit, bertempat di Lapangan Makodam V brawijaya, Senin (12/06/2023) malam.

Panglima TNI menuturkan bahwa saat ini sudah banyak orang dari Eropa yang belajar tentang wayang ini. “Jangan sampai kita melihat wayang di Eropa karena kita sudah tidak cinta lagi, makanya siapa lagi kalau bukan kita, kapan lagi kalau bukan sekarang kita menjaga budaya kita, budaya yang asli Indonesia yaitu wayang,” jelasnya.

“Wayang juga menyatukan kita, nyatanya kita bisa berkumpul di lapangan ini. Juga tentunya budaya ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Saya lihat di sana sangat banyak sekali UMKM yang buka dan saya yakin yang hadir di sini bukan masyarakat Surabaya saja, pasti ada sekitar masyarakat Surabaya, Malang, Sidoarjo dan sebagainya,” ujar Panglima TNI.

Panglima TNI yakin dengan hiburan seperti ini prajurit TNI dapat bersama-sama dengan masyarakat karena kalau TNI kuat, masyarakat bermartabat. Dan biasanya pertunjukan wayang ini sangat masyarakat cinta karena jarang ada pertunjukan wayang belum selesai penontonnya bubar, itu jarang sekali terjadi. Pasti penontonnya bisa menunggu sampai selesainya acara.

“Nah ini keunikan budaya wayang kita ini, keunikan budaya asli Indonesia. Masyarakat sangat mencintai, dari jauh pun pasti akan datang pingin melihat karena di dalam wayang selalu terkandung selain tontonan juga tuntunan,” tutup Panglima TNI.

(Puspen TNI)

tnipatriotnkri

nkrihargamati

tnikuatrakyatbermartabat

Visits: 60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *