Ketapang Di Timbang Deli Penuh Sandiwara: Warga Dusun III dan IV Keluhkan Ketidakjelasan Program Bantuan

Deli Serdang, mediaantartika.id – Warga Dusun III dan IV Desa Timbang Deli, Kecamatan Galang, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, menyampaikan keluhan terkait ketidakjelasan distribusi program bantuan Ketapang berupa ayam dan kambing. Menurut mereka, hingga Senin, 8 Januari 2024, mereka belum menerima jatah bantuan yang dijanjikan.

Ibu Juriah, salah satu warga Desa Timbang Deli, mengekspresikan kekecewaannya terhadap Kepala Desa Timbang Deli, Hendri Ardiansyah Putera. Ia menyatakan bahwa janji bantuan ayam dan kambing hanya diberikan kepada warga tertentu, sementara warga Dusun III dan IV masih menunggu bantuan tersebut.

Ketika media mencoba mencari penjelasan dari Kepala Desa Hendri, ternyata sulit untuk menemui langsung. Media hanya berhasil menemui Sekretaris Desa (Sekdes) dan bendahara di kantor Desa. Mereka menjelaskan bahwa program bantuan tersebut disebut sebagai Program Ketapang atau ketahanan pangan. Anggaran desa sebesar Rp 162.000.000 dialokasikan untuk program ini, dengan rincian Rp 90.000.000 untuk pembuatan jalan Usaha Tani berupa rabat beton, dan Rp 72.000.000 untuk pengadaan kambing.

Namun, program tersebut masih tertunda hingga Desember 2023 dan mengalami perubahan. Kepala Desa memutuskan untuk mengubah program tersebut menjadi pengadaan ayam dan kambing, membatalkan pembuatan jalan usaha tani senilai Rp 90.000.000. Ayam sudah dibagikan kepada warga Dusun I dan II, sedangkan warga Dusun III dan IV belum menerima bagian mereka. Jumlah ayam yang belum dibagikan senilai Rp 95.354.000, dan kambing senilai Rp 12.649.000.

Warga Desa Timbang Deli Dusun III dan IV berharap agar bantuan ayam dan kambing yang seharusnya di bagikan kepada mereka tidak dikurangi atau diabaikan oleh Kepala Desa. Mereka menekankan bahwa mereka juga warga negara Indonesia dan memiliki jumlah penduduk yang lebih banyak dibandingkan Dusun I dan II dalam Desa Timbang Deli.

( Nanda S/ Rony)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *